-->

Diskusi Anime Ilegal?


My Waifu :v

Rubrik

Karena jagad internet ini sangat luas, saya yakin banyak juga yang bisa kita diskusikan dari dalamnya. 

Awal dari era fansubber adalah tahun 2010 silam. Namun dari sekian banyak fansubber yang sudah ada, ada beberapa yang sangat mencolok bahkan hingga saat ini, dan salah satu dari fansubber tersebut adalah Samehadaku.

Loh kok membahas bajakan? yah peran bajakan yang sudah mempopulerkan anime di Indonesia tidak bisa dianggap sepele. Karena pada awalnya pun hampir dari kita semua pasti pernah menonton bajakan, tapi Saya menganjurkan tetap ingin mengajak kawan-kawan untuk mengambil langkah kecil untuk berubah. Saya tidak bisa bilang kalau bajakan adalah jalan yang benar, namun juga tidak bisa serta merta melarang untuk tidak menonton bajakan

Siapa itu Samehadaku?

Samehadaku?

Kembali ke topik bahasan, Samehadaku adalah salah satu grup fansub yang paling dikenal di Indonesia saat ini. Pengertian fansub adalah sebuah acara yang diberikan subtitle buatan penggemar, dalam kesempatan ini acara yang diterjemahkan adalah acara Jepang ke bahasa Indonesia. Namun memang, legalitas dari fansub ini selalu menjadi perdebatan. Karena walaupun tidak diperjualbelikan, file yang digunakan dalam proses ini didapatkan dengan tanpa izin dari pemilik IP yang bersangkutan. 



Beberapa grup fansub yang besar di Indonesia termasuk Samehadaku, AWsub, Oploverz, dan masih banyak lagi. Saat ini ada 45 grup fansub yang aktif di Indonesia menurut Silver Yasha fansub.

Samehadaku adalah salah satu fansub yang paling dikenal di Indonesia saat ini namun bukan fansubber yang pertama. Menurut artikel Yuuki Fansub, fansubber pertama adalah Anindo yang ternyata sudah berdiri sejak tahun 2002. Samehadaku, pada awalnya menjadikan Naruto sebagai seri utama yang mereka terjemahkan, namun dewasa ini banyak anime yang juga mereka kerjakan subtitlenya.


Samehadaku ada sejak 2011



Awal tahun 2010an adalah waktu yang tepat bagi situs-situs baru dan berkembang untuk mulai meniti karirnya. Karena internet mulai tersebar di Indonesia dan smartphone murah juga mulai masuk ke pasar Indonesia. Seperti yang bisa kamu baca di blog Ronieronk, ada ledakan grup fansub terjadi di masa ini.


Kenapa memilih Samehadaku?


Tentu ada alasan yang membuat orang memilih Samehadaku dibandingkan dengan fansub-fansub yang lainnya. Menurut blog Kalem Euy, point terbaik Samehadaku adalah pengelolaan SEO yang baik sehingga orang mudah menemukan seri mereka di Google.



Selain itu tampilan situs yang simpel juga menjadi sebuah poin kuat karena banyak orang yang tidak mau ribet dalam mengunduh anime. Namun walaupun tampilan situsnya simpel, Samehadaku tetap memberikan banyak pilihan resolusi untuk mendownload anime dan mereka juga tidak menyulitkan orang-orang dengan labirin link yang kadang membuat orang bingung mana link yang harus ditekan.

Samehadaku juga kerap kali menjadi salah satu situs top bila ada artikel bertema “Top fansubber di Indonesia.” Hal ini membuktikan betapa dikenal baiknya Samehadaku oleh semua kalangan.



Grup-grup fansubber seperti Samehadaku memiliki peran yang cukup besar dalam penyebaran anime di Indonesia. Banyak dari mereka yang berawal dari semangat untuk mengenalkan dan berbagi anime kepada lebih banyak orang.


Source : Ponimu.com

Yah sebelum Burique menyerang awal tahun 2017 saya masih bilang Same adalah top fansubber -_-

Sama dengan saya sih, yang bergerak cepat dialah pemenangnya